2014 udah dekat….apa yang bisa kita lakukan?

Pemerintahan sby 2,5 tahun lagi akan berakhir. Parpol telah siap-siap dengan strateginya masing-masing. Dari sabang sampai merauke saya kira sudah cukup muak melihat perilaku partai politik yang hanya  mengeruk keuntungan bagi diri dan kelompoknya. Berteriak-teriak rasanya sudah cukup, karena sampai saat ini tak ada yang mendengarkan. Walaupun saya tetap curiga bahwa diam-diam rasanya Tuhan juga gak tega membiarkan rintihan jutaan rakyat Indonesia tersebut.

Reformasi sudah 13 tahun jalan, namun tak menunjukkan tanda-tanda perbaikan signifikan, bahkan kelihatan tambah mengerikan karena pemegang kekuasaan semakin terang-terangan membohongi rakyat, sebuah pemandangan yang sangat memuakkan. Namun syukur Alhamdulillah ditengah gelap gulita ini, Tuhan mengirimkan satu dua orang yang bisa sedikit mengurangi “putus harapan” rakyat. Keberanian dan kejujuran ala ketua MK, dan keberhasilan Pak Dahlan meminpin PLN bisa menjadi obat keputusasaan banyak orang. Ada juga sosok lain yang cukup berani walau belum sepenuhnya teruji.  Saya yakin banyak contoh-contoh keberanian menegakkan kebenaran namun tak terekpose media.

Diluar lingkaran kekuasaan sesungguhnya juga cukup banyak sosok hebat dan sangat mencintai negeri ini begitu tulusnya. Saya ambil contoh sosok Muhammad Ainun Nadjib. Perjuangan beliau jarang terekspose media, padahal akselerasinya untuk mengubah paradigma masyarakat bisa dibilang luar biasa dahsyat. Beliau berkeliling menemani masyarakat untuk berbagi ilmu nur pencerahan. Dan bahkan bila ada masalah-masalah besar dalam masyarakat beliau turun gunung menemani mereka. Banyak contohnya dan saya kira temen-temen kompasiana mengetahui hal tsb.

Sepertinya memang kita mesti mempunyai keberanian untuk mendapuk orang-orang yang mempunyai integritas tersebut untuk menjadi lokomotif Indonesia baru. Mereka adalah orang-orang tawadhu dan tak mungkin meminta jabatan atau kekuasaan apapun kecuali kita seluruh rakyat yang ingin perubahan membaiatnya untuk menjadi pemimpin. Pertolongan Tuhan tak akan jatuh dari langit, namun mesti ada usaha sungguh-sungguh dari segenap rakyat Indonesia paling tidak yang yakin akan adanya perubahan yang lebih baik.

Saya kira tak ada waktu untuk berpangku tangan, kita mesti benar-benar mempersiapkan dengan sungguh-sungguh lahirnya Indonesia baru.  Bila ada ide-ide segar monggo kita rembug bareng-bareng. Saya berharap dalam waktu yang tak lama lagi akan ada kongres rakyat Indonesia yang benar-benar lahir dari bawah , lahir dari sekumpulan oranf yang tulus bekerja untuk sebuah perubahan yang lebih baik.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s